Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 warga Desa Citayam, Tajurhalang

by -176 views

Citayam, 11 Februari 2021”citayambersatu.com – Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu perayaan terbesar yang dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia tiap tahunnya. Sejarah kata “Imlek” sendiri sebenarnya berasal dari dialek Hokkian, yaitu Im dan Lek. Im memiliki arti bulan, sedangkan Lek berarti penanggalan. Dengan kata lain, Imlek sendiri berarti kalender (penanggalan) bulan, atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan Lunar New Year.

Untuk tahun ini, perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili jatuh pada hari Jumat, 12 ebruari 2021. Perarayan di ikuti segenap warga kampung Bulu (Litang Sehati), RT. 04/04, Kelurahan Citayam, Kecamatan Tajurhalang mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes), Kamis  (11/02/21)

Hadir dalam acara malam Imlek Kepala Desa Citayam Ma’mun Murod, Ketua LPM Encuk Sukiman, Ketua RT /RW serta Dusun, Babinkamtibmas, maupun Babinsa.

This slideshow requires JavaScript.

Acara berjalan dengan khidmat walaupun dalam suasana pandemi COVID-19. Pada tahun 2572 memiliki makna bagi warga keturunan Tionghoa. Berdasarkan kalender Cina, tahun ini merupakan shio kerbau logam dengan simbol kemakmuran.

Penanggalan Imlek tidak berdasarkan kalender bulan dan tahun. Namun, perhitungannya menggunakan nomor sebagaimana pemerintahan Huangdi.

Toleransi beragama ditunjukan pihak Kecamatan Tajurhalang dan Desa Citayam dalam mendukung kegiatan perayaan tahun Baru Imlek 2572. Perayaan Imlek diikuti warga dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, Kamis (11/2/2021).

This slideshow requires JavaScript.

Ketua RT 04 /04 Ican Wibowo mengatakan, sangat berterima kasih kepada pihak Kecamatan Tajurhalang, Pemerintahan Desa Citayam dan warga masyarakat Desa Citayam yang sangat erat hubungannya sesama umat beragama karena setiap tahun perayaan Imlek yang ada di Litang Sehati kampung Bulu, selalu mendapat dukungan dan perhatian.

“Warga Citayam sangat toleransi kepada warga keturunan,  walaupun warga keturunan china dikampung Bulu jumlahnya sedikit, tetapi warga Citayam sangat baik dan toleransi beragamanya tinggi, sehingga warga keturunan sudah seperti di wilayahnya ataupun kampungnya karena nenek moyang kita sudah lama juga tinggal di kampung bulu ini,” tutur Ican Wibowo

Bapak JS Unkwih saat di hubungi Cyber Cutayam Bersatu mengatakan, Semoga di tahun 2572 ini semua musibah di indonesia seperti Covid-19, tanah longsor, gempa bumi dan lain-lain cepat berakhir.

“Kami berharap umat beragama supaya lebih bersatu memohon kepada Cien berdoa kepada kepercayaan masing –masing wabah Covid-19 cepat berakhir seperti sedia kala,” ucap JS Unkwih

“Selamat datang wahai Kerbau, hewan yang bekerja dengan giat, bermanfaat bagi orang banyak. Tahun Kerbau menjadi andalan dapat menyelesaikan bencana wabah penyakit yang telah terjadi di tahun sebelumnya. Menjadi tumpuan harapan untuk memperbaiki kehidupan porak poranda dan kesedihan yang telah melanda dunia sebelumnya,” tutup JS Unkwih (Icho)

Leave a Reply