Pekarangan Rumah Bisa di Jadikan Tanaman Hias Saat Pandemi COVID – 19

by -896 views

Citayambersatu.com  – Pandemi COVID-19 memaksa orang lebih banyak beraktivitas di rumah. Bercocok tanam menjadi kegiatan paling banyak digemari di masa Covid-19 selain sayuran adalah tanaman hias.

Permintaan tanaman hias tetap tinggi selama pandemi , ini menjadi peluang tersendiri. Hobi, sekaligus mendatangkan pundi-pundi rupiah. Seperti yang dilakukan Tofik Hidayat  Warga RT. 03/02 Ragamukti, Desa Citayam , ini sudah setahun terakhir menggeluti budi daya tanaman hias. Dia memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk lokasi budi daya tanaman hias, Senin (14/12/20)

This slideshow requires JavaScript.

Hari-hari sebagai sebagai perangkat desa dengan jabatan  Kasi Kepemerintahan Desa Citayam  aktif disibukkan merawat dan membuat aneka jenis tanaman bunga hias yang berada di pekarangan rumah miliknya.

“Menggeluti tanaman hias sejak pandemi untuk mengisi kekosongan kegiatan di Desa , di isi dengan usaha Tananam Hias. Untuk pembeli dari kalangan anak-anak online, ada juga pedagang-pedagang di jalan raya dijual dengan mereka.” tutur Tofik

Sejak pandemi covid-19 omzet pedagang tanaman hias melonjak 40 persen dari kondisi normal,  khususnya untuk pedagang tanaman hias yang cocok untuk menghiasi ruangan (indoor). Kenaikan ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat yang kini lebih sering berada di rumah, sehingga mempunyai banyak waktu luang untuk menata tanaman di halaman rumah.

“Berbagai tanaman hias yang dulunya jarang dilirik pun kini naik daun. Tanaman hias yang laku keras saat ini yaitu jenis tanaman bercorak unik (variegata) seperti janda bolong (Monstera adansonii variegated) dan jenis Monstera variegated (Monvar) lainnya.” Ucap Topik

“Budi daya tanaman hias ini tidak membutuhkan halaman yang luas, membengunkan lahan pekarangan kita meskipun jecil. Kita bisa usaha manfaatin di masa pandemi Covid-19 ini untuk mwnambah perekonomian kita.” Tutup Tofiik Hidayat (Icho/Denih)

Leave a Reply