Meski Pandemi Covid-19 Kegiatan Posyandu BINA WARGA Desa Citayam Tetap Berjalan

by -471 views

Citayam, citayambersatu.com – Meskipun pandemi Virus Corona (Covid-19) masih belum berakhir kegiatan  pemeriksaan rutin posyandu terhadap balita dan Ibu hamil Desa Citayam tetap digelar.Kegiatan ini di laksanakan di 5 ( lima) tempat yaitu di Posyandu BINA WARGA I samapi  posyandu BINA WARGA V  tepatnya di  RW. 01 – RW. 05 Desa Citayam, berjalan dengan sesuai jadwal yang telah ditetapkan pada pukul 09:00 hingga selesai.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ibu Lurah Kurniasih,  Pengurus Posyandu dan Bidan Desa Citayam, kegiatan tersebut seperti pemeriksaan bayi dan balita, menimbang berat badan dan pengukuran tinggi badan bayi dan balita, serta pemeriksaan Ibu hamil.

Ibu Lurah Kurniasih menerangkan,  pelaksanaan program posyandu untuk anak maupun balita terutama pemberian imunisasi. Pemberian imunisasi terhadap anak atau balita sesuai jadwal sangat penting guna mendukung kesehatan anak tetap terjaga dengan baik.

“Saya harapkan Ibu hamil bisa mendatangi posyandu untuk memeriksakan kehamilannya,” tutur Ibu Kurniasih

“Harapan saya,  kepada semua Ibu-ibu  yang mempunya  anak balita untuk mengunjungi posyandu tiap bulannya,  dengan kesadaran yang di dasari keiklasan untuk menyegerakan ke posyandu, jamgan  hanya ada pemberian vitamin A ibu-ibu sangat antusias  mengunjungi posyandu,” ucap Ibu Kurniasih

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan yang dilakukan oleh para Kader Posyandu Bina Warga I sampai Bina Warga V berakhir  pada tanggal 16 Januari 2021, mengadakan kegiatan di masing-masing posyandu.  Posyandu ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek dan memperhatikan pertumbuhan dan  perkembangan dari para balita. Diharapkan kepada para orang tua yang memiliki balita supaya meningkatkan kesadaran untuk aktif menjaga kestabilan kesehatan putra putrinya dengan rutin ikut penimbangan berat badan agar dapat dikontrol apakah berat badannya naik apa turun, hal ini untuk mengetahui agar balita tidak mengalami gizi buruk.

This slideshow requires JavaScript.

Salah satu Bidan desa Citayam Bunga saat ditemui Cyber Citayam Bersatu, mengatakan bahwa meski ditengah badai virus corona ini kegiatan posyandu tetap dilaksanakan dengan  mematuhi protokol kesehatan.

Posyandu adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat.

”Kami berharap para kader posyandu dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dalam pengembangan dan pembinaan posyandu di tingkat desa,” tutur Bidan Bunga

This slideshow requires JavaScript.

Tugas-tugas kader posyandu, diantaranya menyiapkan alat dan bahan atau materi penyuluhan yang dibutuhkan, mengundang dan menggerakkan masyarakat, melaksanakan pembagian tugas, yaitu menentukan pembagian tugas di antara kader posyandu, baik untuk persiapan maupun pelaksanaan kegiatan.

Bidan Bunga berharap, dengan  adanya kegiatan program posyandu terus dapat terlaksana sesuai jadwal, mengingat saat ini wabah yang menyerang Indonesia adalah virus yang berbahaya sehingga perlunya menjaga kesehatan ibu dan anak, termasuk pemberian imunisasi dapat dilakukan terhadap bayi  di Desa Citayam dan program imunisasi bisa berjalan sukses.

“Kami mengajak kepada  semua Kader Posyandu harus  bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan layanan kesehatan, mampu memberikan dukungan dan fasilitasi kegiatan posyandu di berbagai tingkatan termasuk tingkat desa,” tutup Bidan Bunga. (Icho & Denih)

Leave a Reply