Membuat Indonesia Semakin Maju Dibidang Ekonomi

by -707 views

citayambersatu.com – Berawal dari keinginannya untuk membuat Indonesia semakin maju terutama di bidang ekonomi sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Dewi Febriani pun membuat sebuah yayasan yang diberi nama Formula Indonesia Maju atau disingkat dengan F1.

“ Sesuai dengan namanya F1, yayasan ini bergerak cepat,sigap,tanggap, terukur dan menjadi inspirasi yang berbeda untuk mengakomodir orang-orang yang memiliki komitmen luar biasa untuk bahu membahu mengimplementasikan harapan pemerintah dan juga masyarakat,” ujar wanita yang akrab disapa Febi ketika ditemui di Rumah Makan Ikan Bakar dan Seafood Green Terrace Taman Mini Indonesia Indah pada Rabu (11/3/2020).

Bersama dengan rekan-rekannya di F1, Febi pun berkeliling ke daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa. Di sana, Febi mencari potensi wilayah yang bisa diangkat oleh daerah tersebut. Dengan terangkatnya potensi tersebut dengan sendirinya pendapatan daerah tersebut dan juga masyarakat bisa terangkat.

“ Selain blusukan, kadang ada beberapa rekan yang sudah merasakan manfaat yang didapat dari F1 melaporkan program yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah tersebut. Saya sendiri tidak gegabah untuk mengiyakan tetapi diam-diam melakukan survei apakah benar masyarakat di sana membutuhkannya. Hal ini dilakukan agar program yang akan kami paparkan sanggahan sebuah seremonial saja. Dan setelah itu hilang begitu saja tanpa ada kelanjutannya. Kelanjutan yang dimaksud tidak ada evaluasi, tidak ada perkembangan dan program tersebut tidak dirawat,” ungkap Febi.

Dijelaskan oleh Febi, usai menemukan potensi daerah yang dimaksud, Febi langsung mengunjungi tokoh masyarakat, ketua agama, pemerintah daerah untuk menjelaskan dan menyamakan persepsi.

“ Kadang-kadang ada beberapa yang menolak kehadiran ku dan menganggap aku ini siapa, namun begitu aku menjelaskan, mereka mau mengerti dan mau duduk bersama untuk mengembangkan potensi daerah yang dimiliki. Alhamdulillah setelah F1 hadir beberapa daerah di Jawa sudah semakin maju dan sejajar dengan daerah yang terlebih dahulu maju di bidang ekonominya,” ucap Febi.

Selama menjalani blusukan, Febi mengatakan banyak sekali suka dan duka. Sukanya seperti dijelaskan oleh Febi bisa mendapatkan banyak teman. “ Dukanya ya seperti yang saya jelaskan tadi. Bahkan pernah saya memohon kepada seorang ibu agar mau ikut pelatihan UMKM. Tujuan saya agar si ibu tersebut bisa membantu keuangan suaminya yang hanya bekerja sebagai seorang petani. Dengan sabar saya menjelaskan, akhirnya ibu tersebut mau ikut pelatihan UMKM. Hasilnya kini dia berhasil menjadi pengusaha UMKM yang maju,” jelas Febi.

Terkait dengan UMKM, Febi pun menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu visi dari F1. “ Ekonomi suatu daerah bisa terangkat karena adanya UMKM. Untuk itulah saya bersama rekan di F1 sering melakukan pelatihan UMKM mulai dari produk yang akan dipasarkan, cara pengemasan yang menarik hingga pemasaran dan juga modal usaha yang diperoleh. Hadirnya pelatihan UMKM mampu menarik minat masyarakat terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti pelatihan,” ujar Febi.  (Iko Muhyidin)

Leave a Reply