Heydar Aliyev

by -493 views

Citayambersatu.com – Sebagai rangkaian acara peringatan meninggalnya  17 tahun Pemimpin Nasional Azerbaijan, Heydar Aliyev, Kedutaan Besar Republik Azerbaijan untuk Republik Indonesia melakukan penanaman pohon di sekitar wilayah Kedutaan. Hal ini dimaksudkan sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan. Ada  pemimpin yang dikenang dalam sejarah, namun ada juga pemimpin yang menciptakan sejarah.

Heydar Aliyev

Heydar Aliyev adalah pemimpin yang mendirikan Azerbaijan modern, menjadi legenda sejati pada masanya. Sejarah mengenangnya sebagai pribadi yang unik, kepala negara yang kuat, orang yang berdedikasi dan tokoh legendaris yang mampu memikul beban sejarah pembangunan negara yang sulit.

Atas jasa-jasa beliau yang sangat mulia, negara muda tersebut bisa berdiri dan menjadi negara merdeka memasuki abad ke-21. Sepanjang 35 tahun dalam sejarah Azerbaijan, yakni mencakup periode akhir 1960an hingga awal abad ke-21 selalu dikaitkan dengan nama Heidar Aliyev.

Pada tanggal 14 Juli 1969 Heydar Aliyev menjabat sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Azerbaijan di bawah Uni Soviet.

Dalam masa tersebut, beliau memikul tanggung jawab untuk Azerbaijan, bersama-sama dengan rakyat mengatasi rintangan dan hambatan yang berat, dan mendirikan republik merdeka yang kuat yang kita sebut sekarang sebagai Azerbaijan modern.

Pada saat itu, beliau melakukan pembaruan total dan meningkatkan produksi minyak, mendirikan sejumlah pabrik, termasuk produksi alumina berteknologi tinggi, pembangkit listrik tenaga air, pabrik tekstil, dan produksi AC rumah tangga.

“Modernisasi” bisa menjadi kata yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan saat itu. Selama periode Uni Soviet, beliau melakukan modernisasi besar-besaran di Azerbaijan yang telah lama dianggap sebagai kota perbatasan di Uni Soviet yang masih belum siap dengan modernisasi

Adapun filsafat Heydar Aliyev tentang Azerbaijanisme yakni usai memperoleh kemerdekaan, menentukan Azerbaijan dalam dunia modern, memberikan landasan ideologis yang kuat bagi kenegaraan dan persatuan nasional. “Kita semua harus bersatu dalam gagasan ini,” kata Aliyev. “Azerbaijanisme berarti melestarikan jati diri bangsa, nilai-nilai kebangsaan dan spiritual, dan pada saat yang sama juga menjunjung nilai-nilai universal, serta menjamin perkembangan setiap orang.”

Bersamaan dengan berbagai kegiatan dan program-program beliau yang efisien dan terarah di berbagai bidang, Heidar Aliyev sangat mementingkan peningkatan pendidikan di negara ini. Pendidikan dan pengembangan generasi muda selalu menjadi tonggak penting dalam program kenegaraan seorang pemimpin yang berpandangan jauh kedepan ini.

Lebih dari 10 tahun dibawah kepemimpinannya, Heydar Aliyev berhasil melakukan reformasi besar-besaran di negara ini, menjadikan negara yang layak untuk bangsa Azerbaijan, dibangun dari negara yang hampir hancur.

Kebijakan multi-vektor Heydar Aliyev menjadi strategi negara, yang membawa kemakmuran dan stabilitas negara. Dalam kepemimpinannya, beliau menerapkan kebijakan luar negeri yang pragmatis dan seimbang, membangun hubungan konstruktif dengan negara-negara kuat seperti AS, UE dan Turki, serta membangun kemitraan yang baik dengan Rusia dan Iran.

Selain mencapai stabilitas politik di Azerbaijan, Haidar Aliyev meletakkan dasar bagi kemerdekaan ekonomi negara. Beliau mengembangkan program anti-krisis untuk pemulihan produksi, serta perbaikan situasi keuangan, dan daya tarik investasi asing.

“Contract of the Century” yang ditandatangani dengan perusahaan minyak Barat di Baku pada tanggal 20 September 1994 sangat penting bagi Azerbaijan dan memainkan peran penting dalam pembentukan stabilitas internal negara, dan pencapaian keberhasilan dalam politik luar negeri.

Heydar Aliyev, yang memelopori proyek pipa minyak Baku-Tbilisi-Ceyhan, melakukan banyak hal untuk menarik banyak ibu kota negara-negara ke Azerbaijan, yang menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru dan pengembangan berbagai sektor. Modal asing segera diperoleh dari pertumbuhan ekonomi Azerbaijan, yang saat ini diakui sebagai yang tertinggi diantara beberapa bekas Soviet.

Selain itu, Heydar Aliyev memprakarsai pengembangan konstitusi yang baru, yang disahkan pada tahun 1995. “Kita perlu mengembangkan dan mengadopsi suatu konstitusi, sehingga menjadi dokumen sejarah, dasar hukum, yang memberikan kestabilan eksistensi dalam jangka panjang Azerbaijan atas dasar prinsip demokrasi, “kata Aliyev.Kegiatan pemimpin besar Heydar Aliyev telah dimasukkan dalam khazanah seni politik, nama beliau telah menjadi lambang rakyat Azerbaijan, dan perjalanan hidup yang dilaluinya menjadi lambang dalam kriteria cinta dan pengabdian kepada tanah airnya.

Rakyat Azerbaijan bangga dengan beliau, yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani rakyat dan tanah air dengan setia dalam periode tersulit sejarah.

Kenangan cemerlang tentang Heydar Aliyev, pemimpin nasional rakyat Azerbaijan, pemimpin yang bijak dan kepribadiannya yang mengagumkan hidup di hati jutaan orang.

Tanggal 12 Desember adalah peringatan 17 tahun atas meninggalnya pemimpin nasional Azerbaijan Heydar Aliyev. (Icho)

Leave a Reply