Season Finale Sarinah Jakarta Content Week 2021-2022

by -86 Views

Jakarta, 18 Juni 2022″citayambersatu.com” Sarinah Jakarta Content Week yang telah dimulai pada November 2021, akan mencapai acara pungkasan pada 1718 Juni 2022 di area Relief Sarinah. Sebuah rangkaian panjang dari Sarinah Jakarta Content Week (Sarinah Jaktent) yang total telah diadakan selama tujuh bulan. Selama masa itu pula, Sarinah Jakarta Content Week telah
mengumpulkan, mempertemukan, dan menyatukan beragam insaninsan pekerja kreatif Indonesia untuk berbagi pengalaman, berbagi ilmu yang diharapkan dapat memantik munculnya bidangbidang kreatif lain.

Di tahun kedua penyelenggaraan Jakarta Content Week inilah, kehadiran Sarinah sebagai naming sponsor berhasil melibatkan para penggerak dan pelaku UMKM di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transformasi Gedung Sarinah yang kini dikenal sebagai ‘Panggung Karya Indonesia’. Melalui acara yang digelar setiap bulan sejak November 2021, Sarinah Jaktent ikut serta mengawal dan memperlihatkan tahapantahapan bersejarah atas kemunculan kembali Sarinah sebagai salah satu ikon sejarah perekonomian nasional.

Gianita Kadarisman selaku Direktur Eksekutif Yayasan 17000 Pulau Imaji yang menginisiasi pelaksanaan Jakarta Content Week bersama Frankfurter Buchmesse mengatakan, “Perjalanan panjang Sarinah Jakarta Content Week 20212022 telah melampaui batas tahun. Perjalanan ini unik dan penuh tantangan dalam menyatukan beragam visi dan kepentingan berbeda. Kami berbangga dapat melampaui itu semua, dan menyelesaikannya dengan baik. Kami sangat gembira bahwa ternyata sesisesi kami masih cukup ditunggu. Suatu kebanggaan bagi kami untuk dapat bergandengan tangan bersama PT Sarinah dan Bank Rakyat Indonesia, dalam menampilkan para jenama terbaik di bidangnya untuk berbagi dan menginspirasi.”

Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah, menyampaikan bahwa Sarinah ingin membangun
literasi jenama lokal keren dengan pengayaan storytelling yang bermuatan budaya dan
kebhinekaan negeri, sehingga diharapkan produk nusantara akan kuat narasi otentik atau
kekhasannya, indikasi geografis, dan warisan budayanya. Pembeli saat ini lebih

mengapresiasi dan terpikat kepada produk lokal yang memiliki cerita yang menarik dan dipasarkan secara berkelanjutan. Sisi lain dari peran Sarinah dalam menumbuhkembangkan UMKM dan produk nusantara unggulan adalah untuk menembus pasar global yang sudah matang. Sehingga penting untuk meningkatkan literasi jenama lokal pada UMKM Indonesia agar dapat bersaing di pasar global. Selain itu, para pengusaha UMKM juga perlu memperhatikan consumers insight. Karenanya, Sarinah memiliki program peningkatan kapasitas dan literasi bernama Sarinah Pandu.

Handayani Selaku Direktur Bisnis Konsumer BRI menyampaikan, Visi Misi BRI dalam mendukung Industri Kreatif dan Mitra Merchant. Kami hadir berkolaborasi dengan Sarinah untuk memberdayakan para pelaku Industri Kreatif dan menumbuhkan pelaku Mitra Merchant untuk maju dan berkembang sehingga tumbuh berkelanjutan. Melalui Industri Kreatif dan Mitra Merchant ini kami berharap BRI dapat memberi peran dan menunjang kemajuan bisnis industri Kreatif dan Mitra Merchant kedepan sehingga dapat memberi makna Indonesia.

Untuk itulah di sesi penutup yang berlangsung pada Juni 2022 ini, Sarinah Jaktent telah mempersiapkan empat sesi yang terinspirasi dari bukubuku bertemakan makanan serta satu acara puncak penutupan rangkaian acara Sarinah Jaktent 20212022, yang akan berlangsung di Gedung Sarinah, Jakarta.

1. Out of the Book: Babad Kopi Parahyangan Jumat, 17 Juni 2022 (10.30 12.00 wib) Menghadirkan Evi Sri Rezeki (penulis buku ‘Babad Kopi Parahyangan’), Willawati (Bukanagara), dengan moderator Nataresmi Abd Hanan (Yayasan 17000 Pulau Imaji)

2. Out of the Book: Republik Sambal Jumat, 17 Juni 2022 (14.00 16.00 wib) Menghadirkan Bara Pattiradjawane (Chef dan penulis buku ‘Republik Sambal’) dengan moderator Dewi Ria Utari (Yayasan 17000 Pulau Imaji)

3. Out of the Book: Gelinding Sabtu, 18 Juni 2022 (11.00 13.00 wib) Menghadirkan Andina Subarja (Penulis buku anak ‘Gelinding’ dan Ilustrator), dengan moderator Ditta Sekar Campaka (Marketing Communication Noura Publishing)
4. Out of the Book: Mental Tempe Sabtu, 18 Juni 2022 (13.00 15.00 wib)
Menghadirkan Driando Ahnan Winarno (Food Sciencepreneur, Activist dan Author) dengan moderator Avi Purba (General Manager Jakarta Content Week)

5. Closing Ceremony Sabtu 18 Juni 2022 (15.0016.00 wib)
Menghadirkan Fetty Kwartati (Direktur Utama PT. Sarinah), Handayani (Direktur Bisnis Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.), Gianita Kadarisman (Direktur Eksekutif Yayasan 17000 Pulau Imaji) dengan MC Addissya Paramasasti (Yayasan 17000 Pulau Imaji)

Acaraacara menarik ini dapat disaksikan secara langsung di Gedung Sarinah, Jl. MH Thamrin No. 11, Jakarta. Bagi yang berhalangan datang, silakan mengikuti siaran langsung via Instagram Live melalui akun @jaktent atau @sarinahindonesia, bisa juga disaksikan melalui YouTube Sarinah Indonesia. Semua sesi ini terbuka untuk umum dan gratis tanpa dipungut biaya. (Icho)

Leave a Reply

Your email address will not be published.