Sambut Ramadan 1442H, Dompet Dhuafa Luncurkan Masjed.id Hingga Sederet Kegiatan Kebaikan dan Ajakan Berbagi Lagi

by -309 views

Jakarta, 01 April 2021″citayambersatu.com” – Sambut Ramadan 1442H, Dompet Dhuafa menggelar Tarhib Ramadan, bertemakan “Merhaba Ramadhan Goes To You,” saatnya Ramadan tahun ini untuk berbagi lagi. Di tengah pandemi Covid-19 dan belum pulihnya ekonomi nasional, menyebabkan sejumlah sektor terdampak. Baik para pelaku usaha mikro hingga menengah yang merasakan langsung, dampak pandemi Covid-19.

Menurut Bambang Suherman, selaku Direktur Komunikasi & Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, di saat pembukaan Tarhib Ramadhan 1442H pada Kamis (1/4/2021) mengatakan, “Kegiatan Tarhib Ramadan 1442 H, menjadi berbeda dengan tahun sebelumnya. Meski bergulir masih di tengah pandemi Covid-19, kita ingin sambut Ramadan tahun ini dengan suka cita, namun tanpa menghilangkan rasa peduli dengan sesama. Ramadan di tengah pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi Dompet Dhuafa untuk terus inovatif, produktif dan komunikatif dalam memberikan pelayanan kepada dhuafa di seluruh Indonesia. Tentunya dengan bungkusan berbagai program yang akan bergulir di bulan penuh berkah nanti”.

Pada hari ini, kegiatan tarhib Ramadan bertajuk Merhaba Ramadhan Goes To You, turut dimeriahkan dengan berbagai aktivitas mulai dari Donor Darah, pemeriksaan GeNose Cuma-cuma, Rapid Antigen, rampak beduk, Demo Masak bersama Chef Turki untuk ratusan porsi makanan dengan prosedur kesehatan hingga malam puncak dengan performa spesial dari Base Jam. Turut dimeriahkan pula oleh Safira Umm, Raden Prisa dan Ustadz Ahmad Bani Hasim. Pada rangkaian tarhib Ramadan 1442 H diluncurkan Aplikasi Masjed.id, kado untuk yatim, sedekah Al Quran, parcel Ramadhan, pemberian alat bantu dengar, kegiatan lomba bersama penyintas Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta masih banyak kegiatan lainnya yang akan tayang di channel Youtube Dompet Dhuafa TV.

This slideshow requires JavaScript.

Di sela tarhib Ramadan 1442 H, turut diperkenalkan ke publik aplikasi Masjed.id, menurut Direktur Business Operation Support, Prima Hadi Putra mengatakan, “Aplikasi tersebut bergerak di bidang layanan sosial berbasis teknologi yang digunakan oleh organisasi DKM masjid. Sehingga memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan berdonasi, penyaluran bantuan, bertransaksi dan menyusun laporan keuangan masjid. Aplikasi Masjed.id dapat diunduh melalui google store, dan hanya bisa digunakan pada Android 5.0 (lollipop) dan versi di atasnya”.

Banyak manfaat dari adanya aplikasi Masjed.id, yakni pengurus DKM dapat membut laporan pertanggungjawaban keuangan, memperluas jaringan donasi melalui fitur pembayaran secara online, mendapatkan bagi hasil dari usaha serambi Masjid. Kemudian pengurus Masjid dapat membuat kampanye pandanaan untuk kegiatan di masjidnya. Sehingga masjid mendapatkan santunan penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah. Masjid dapat mendaftarkan calon penerima manfaat Zakat, Infak dan Sedekah.

“Nah, bagaimana cara mengaktifkan aplikasi Masjed.id ini? Berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi masjed.id di Play Store;

2. Daftarkan Masjid melalui aplikasi masjed.id mapun di mumuaps.id, dengan mengikuti petunjuk pendaftarannya;

3. Download form persetujuan Pengurus Masjid;

4. Relawan kami akan melakukan verifikasi akun;

5. Ada 6-digit-PIN* transaksi di masjed.id akan dikirimkan melalui email yang terdaftar;

6. Jika sudah terverifikasi maka akun mesjed.id dapat digunakan.

Demikian langkah-langkah tersebut guna aktifkan aplikasi Masjed.id,” ujar Prima Hadi Putra dalam pengenalan Masjed.id.

Ternyata dalam aplikasi Masjed.id terdapat dua jenis layanan, yakni basic service dan full service. Pada basic service terdapat fungsi sebagai berikut: Aplikasi Muslim (shalat, Al Quran, arah kiblat), daftarkan relawan, daftarkan dhuafa, daftarkan Ustadz, wakaf produktif, Baitul Mal Masjid, kalkulator zakat, donasi badan amil, serta pembayaran transaksi dan tagihan. Sementara pada full service terdapat fungsi sebagai berikut: produk perbankan Syariah, penyaluran Zakat dan Bantuan Sosial, permodalan dan penyaluran KUR, isi saldo e-money. Jadi, tinggal download dan temukan kemudahan layanannya.

Pada Ramadhan kali ini, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat di belahan dunia untuk terus semangat membentangkan kebaikkan, untuk selalu bergerak dengan misi kemanusiaan melalui berbagai program.Selain itu, pada rangkaian Tarhib Ramadhan 1442 H, dihadiri oleh Super Volunteer Dompet Dhuafa serta aktivis kemanusiaan,menjadi bagian kemeriahannya.
“ Kami sangat senang dilibatkan langsung oleh Dompet Dhuafa setiap programnya. Acara ini mengajak lapisan masyarakat di masa pandemi seperti ini. MERHABA RAMADAN GOES TO YOU#RamadanSaatnyaBerbagiLagi merupakan ladang amal masyarakat seperti yang kita tau pandemi ini banyak memberikan dampak dikehidupan.” Ucap Raden prisya selaku Super Volunteer Dompet Dhuafa. (Icho)

Leave a Reply