Pentingnya Asupan DHA dan Omega-3 Dari Ikan Teri Agar Anak Cerdas

by -936 views

Cara pengolahan ikan teri yang baik tanpa mengurangi kandungan nutrisi dan gizi, selain itu siap untuk dikonsumsi…

Jakarta, 19 Desember 2020″citayambersatu.com” – Crystal of the Sea menggelar acara Webinar bersama pakar gizi untuk pertama kalinya sebagai kesempatan agar banyak orang tua bisa lebih mengerti tentang manfaat ikan teri pada tumbuh kembang Si Kecil. Crystal of the Sea berharap dengan adanya Webinar ini banyak para orang tua bisa lebih mengenal beragam ikan teri yang ada di Indonesia dan mengetahui mana yang layak dikonsumsi oleh Si Kecil, imbuh Bapak Kenji Kusuma selaku General Manager Crystal of the Sea. Selain itu acara ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat tentang pengolahan dan jenis ikan teri yang layak dikonsumsi dan beredar di pasar modern dan tradisional, jelas Bapak Amir Siaw Latif selaku Director Distribution PT. Mondial Dinamika Raharja. 

Sebagian orang tua mungkin belum memahami apa itu Omega-3 dan DHA. Omega-3 adalah asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Sedangkan DHA atau docosahexaenoic acid adalah jenis dari omega-3 yang terkandung pada ikan dan makanan laut. Omega-3 dan DHA dibutuhkan agar tubuh berfungsi secara optimal. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak, dan juga daya tahan tubuhnya.

DHA dan Omega-3 sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak anak. Namun, hasil penelitian British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa 8 dari 10 anak berusia 4-12 tahun di Indonesia, masih kekurangan asupan DHA dan Omega-3. Padahal usia tersebut merupakan usia di mana kemampuan otak yang optimal dapat membantu anak untuk bisa berprestasi di sekolah.

Banyak orang tua juga tidak memiliki pengetahuan tentang MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) yang dapat membantu dalam proses pembentukan otak pada anak. Ikan teri merupakan bahan makanan pendamping yang sangat bermanfaat karena memiliki kandungan protein, nutrisi dan gizi yang baik.

Berikut adalah cara memilih ikan untuk MPASI sesuai penjelasan dr. Putri Sakti DP,M.Gizi, Sp.GK:

  1. Pilih ikan yang masih segar
  2. Pilih ikan bertulang besar atau ikan bertulang lunak dan lembut
  3. Hindari ikan yang tinggi kandungan merkuri
  4. Hindari ikan berpengawet
  5. Masak ikan hingga matang dan lunak

Ikan teri juga memiliki kandungan DHA dan Omega-3 yang tinggi di banding ikan laut lainnya. Selain itu ikan teri juga mengandung banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Berikut adalah manfaat lainnya:

  1. Kesehatan Otak
  2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
  3. Kesehatan Jantung
  4. Sumber Lemak Sehat
  5. Terhindar dari Anemia
  6. Kesehatan Hati
  7. Kesehatan Sendi dan Tulang

Ikan teri dari pasar butuh pengolahan yang tepat sebelum disajikan untuk menghindari kerusakan. Cara pengolahan ikan teri yang baik yaitu dengan meletakkan ikan dalam chiller/freezer setelah dibeli, sebaiknya dibungkus ketat dalam plastik wrap/foil agar bisa bertahan sampai 3 bulan. Untuk memastikan ikan teri dari pasar bebas dari kotoran dan tidak diliputi oleh garam, penting untuk mencuci dan merendam ikan teri dengan air dingin untuk membuang garam dan mengurangi kotoran yang ada.

Ikan teri alami sangat kaya akan nutrisi dan gizi. Maka itu, Crystal of the Sea menyediakan produk Ikan Teri yang rendah sodium dan bebas formalin, selain itu sudah di sortir lebih dari 6 kali untuk memastikan bebas dari kotoran, sehingga produk sangat aman untuk dikonsumsi anak-anak mulai dari 6 bulan, jelas Bapak Kenji Kusuma. (icho)

Leave a Reply