MUSDES Penetapan RPJMDes Desa Citayam 2020-2026, “ enam tahun kedepan” Serta Pelantikan RT& RW

by -554 views

Citayambersatu.com – Tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Citayam tahun 2020-2026 sudah mencapai tahapan final. Usulan dari masing-masing RT/RW  dan lembaga yang telah tertampung sudah dimasukkan dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Desa Citayam, Rabu Pagi(18/03/2020), BPD melalui Pemerintah Desa Citayam mengadakan Musyawarah Desa Penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Citayam untuk tahun 2020-2026.

Kegiatan tersebut digelar di Aula desa Citayam dengan menghadirkan Babinsa (Samlawi), Waka Polsek Bojonggede (AKP Elizon,SN,SH) dan Kanit Binmas (IPTU H. Sugianto), Ketua BPD (Muhidin), Kasipem Kecamatan Tajurhalang (Suprijatno SH), Pendamping Desa (Tarwani SE), Ketua BKMT Kecamatan Tajurhalang (Hj. Maisaroh), Kader PKK, Tokoh Agama. Tokoh Masyarakat,  29 Orang Calon Ketua RT, 5 Orang Ketua RW  yang akan dilantik oleh kepala desa.

Pemaparan Rancangan RPJMDes

Pada Sesi pertama tim penyusun RPJMDes akan memaparkan usulan-usulan dan besar anggaran yang telah dimuat dalam RPJM untuk dilakukan pembahasan untuk yang terakhir sebelum RPJM tersebut ditetapkan. Sehingga RT, RW masyarakat yang hadir dalam acara tersebut, termasuk perwakilan tiap RW dapat mengetahui apakah usulan mereka sudah termuat atau dapat memberikan masukan apabila ada yang dirasa kurang sesuai. Kepala Desa Citayam sendiri sangat mengapresiasi keaktifan masyarakat dalam memberikan usulan demi kemajuan Desa seperti yang disampaikan dalam sambutanya.

“hari ini kita terapkan visi dan misi, terutama pembangunan jangka menengah desa yang kita lakukan untuk enam tahun kedepan. Tentunya akan kita realisasikan pertahun melalui APBD. Akan menjadikan desa yang maju, langkah pertama yang  kita ambil membangun mental, dan yang kedua perekonomian masyarakat. Harapan saya dari semua unsur yang hadir pada hari ini kita membangun desa sesuai misi kita”, ucap Kades Ma’mun Murod.

Masyarakat sangat antusias dalam mengamati pemaparan dari Tim RPJMDes dan muncul beberapa pertanyaan-pertanyaan, Hal ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan tanggung jawab dalam mendukung kemajuan desa sudah semakin meningkat.

Pak Markani selaku pendamping desa menjelaskan, terkait pembahasan dengan hadirnya rancangan terakhir RPJMDes 6 tahun kedepan, dari tahun 2021-2026. Bahwa kepala desa harus melaksanakan apa yang tadi di sepakati didalam dokumen, kecuali ada bagian-bagian yang sipatnya khusus dari kabupaten dan provinsi pusat maka boleh dilaksanakan diluar dari pada apa di sepakati. Maka ada tanggapan DPD apa kegiatan-kegiatan program yang belum  masuk silahkan di masukan, karena kepala desa itu melaksanakan kegiatan yang ada tetapi dengan rasional, dengan asumsi pendapatan desa itu berapa per tahunnya. Kalau tahun 2021 itu asumsi per tiga bulan, maka selama 6 tahun di angka 19 Miliar.

Di sesi lain pun markani menambahkan, bahwa Gubernur Jawa barat telah menerbitkan telepon sapa warga, Seluruh ketua rukun warga (RW) di Provinsi Jawa Barat wajib memahami aplikasi Sapa Warga yang bakal disisipkan dalam fasilitas telepon pintar (smartphone) yang diberikan Pemprov Jabar.

“Fasilitas telepon pintar bagi para ketua RW tersebut merupakan wujud program Sapa Warga yang digagas Gubernur Jabar Ridwan Kamil, program tersebut telah diluncurkan secara resmi pada Agustus 2019”, tutup Markani

Pelantikan RT & RW

Pada sesi kedua setelah penetapan RPJMDes, dilakukan pelantiakan dan mengangkat sumpah jabatan kepada 29 Ketua RT dan 5 RW, serta pemberian cindra mata kepada 5 RW se desa Citayam.

Acara diatas ditutup dengan Doa bersama, dengan harapan apa yang sudah direncanakan mulai saat ini sampai enam tahun kedepan mendapatkan keridhoan dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga pelaksanaan dari rencana tersebut dapat berjalan maskimal dan menyeluruh. (Iko Muhyidin)

Leave a Reply