Memahami Pentingnya Izin Edar Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi UMKM Produk Pangan di Desa Citayam

by -82 Views

Citayambersatu.com  –  Kegiatan Pembekalan Regulasi Izin Edar Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi UMKM Produk Pangan dilaksanakan di Perumahan Citayam Grande Hills Desa Citayam Kecamatan Tajurhalang, kegiatan ini diselenggarakan oleh Civitas Akademika Universitas Sahid Jakarta, Selasa (11/01/2022).

Rangkaian kegiatan ini dimulai pukul 08:30 –  11:30 WIB, kegiatan ini yang dihadiri oleh ibu-ibu warga Citayam Grande Hills khususnya warga kampung Baru Desa Citayam, sebanyak 20 orang dengan berbagai macam jenis usaha pangan.

Pembekalan Regulasi Izin Edar Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi UMKM Produk Pangan merupakan  sosialisasi perizinan industri rumah tangga untuk produk makanan atau minuman yang berada di lingkup rumahan yang bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan produksi produk makanan dan minuman yang akan dipasarkan oleh para UMKM pangan.

Ibu Wardina Humayrah, S.Gz., M.Si. selaku Dosen Program Studi Gizi Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan Universitas Sahid, Jakarta kepada cyber citayam bersatu mengatakan, bahwa proses produk pangan yang aman penting dilakukan, karena apa yang dimakan manusia selalu berdampak pada kesehatan.

Wardina Humayrah, S.Gz., M.Si. selaku Dosen Program Studi Gizi Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan Universitas Sahid, Jakarta

Dia juga menjelaskan mengenai pentingnya mengurus Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT) yang saat ini lebih mudah karena dapat dilakukan secara daring. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 22 Tahun 2018 tentang pedoman pemberian sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga, dijelaskan bahwa pengertian SP-PIRT adalah sertifikat Izin Edar Pangan Industri Rumah Tangga yang diberikan oleh Bupati atau Walikota melalui Dinas Kesehatan. Sertifikat ini mengacu bahwa pangan hasil produksi yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditentukan.

Untuk mendapatkan SP-PIRT ini, para pelaku usaha di industri ini juga harus memenuhi beberapa kualifikasi dasar sebagai berikut :

1. Telah mengikuti, dan memiliki sertifikat penyuluhan keamanan pangan

  1. Lolos uji pemeriksaan sarana uji produk pangan
  2. Memenuhi peraturan perundang-undangan label pangan

Dalam sambutannya Ibu Wardina Humayrah, SGz menyampaikan terima kasih kepada Ibu-ibu wirausaha produk pangan rumahan di Citayam Grande Hills Kampung Baru desa Desa Citayam , yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Semoga Ibu-ibu Lebih mandiri dan bisa berwirausaha mendapatkan izin memasarkannnya dengan layak dan baik dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan yang dijual,” tutup Wardina Humayrah, SGz, M.Si. (Icho)

Leave a Reply

Your email address will not be published.