Jalani Musim Balap Perdana, Tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Sapu Bersih Poin Maksimal di Seri Pembuka Kejurnas ITCR Max 1.600 dan Raih Podium Ketiga Kejurnas ITCR 1.200.

by -25 Views

Bogor (13/3)citayambersatu.com – Berselang satu hari setelah resmi diperkenalkan pada pameran mobil GAIKINDO Jakarta Auto Week 2022, tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) awali musim balap perdananya dengan hasil yang positif. Pembalap senior tim TGRI Demas Agil yang didukung dengan performa mumpuni Yaris GR Sport, berhasil meraih 25 poin dengan finish di posisi pertama pada seri pembuka kejuaraan nasional (kejurnas) Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 1.600 di Sirkuit Internasional Sentul. Sementara pembalap muda TGRI Jordan Johan, mampu membuktikan talentanya dalam memacu Agya GR Sport hingga meraih podium ketiga dan mendapatkan 10 poin.

 “Selamat kami ucapkan kepada seluruh pembalap dan tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia yang telah mengawali musim balap 2022 dengan hasil yang positif. Senang sekali tim TGRI dapat memulai balap pertamanya di salah satu ajang balap nasional paling bergengsi yaitu kejurnas ITCR Max 1.600 dan ITCR 1.200. Bermodalkan DNA motorsport GAZOO Racing yang pantang menyerah dalam melakukan continuous improvement untuk meraih hasil terbaik dan didukung oleh performa mumpuni Yaris GR Sport dan Agya GR Sport, kami yakin tim TGRI dapat meraih gelar juara nasional di musim perdananya,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Toyota Yaris GR Sport dan Agya GR Sport berlaga di balap touring nasional dengan mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) yang berjiwa sporty dan eksklusif. Yaris dan Agya mendapatkan kehormatan untuk menyandang badge GR Sport karena memiliki basis bodi hatchback yang kompak dan lincah, serta mesin yang bertenaga sehingga memiliki karakter sport yang kental. Selain itu, Yaris dan Agya sudah mempunyai performa dasar yang lengkap dan memadai disertai kualitas produk yang andal, sehingga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan di trek balap yang sangat kompetitif.

Jeda antar musim balap yang hanya 3 bulan, memberikan tantangan kepada tim TGRI untuk meningkatkan performa kedua race car yang sudah terbukti ketangguhannya musim lalu. Dengan menerapkan semangat kaizen atau continous improvement, engineer Toyota berupaya mendapatkan kinerja kendaraan terbaik yang dikembangkan dengan mendengarkan input dari pembalap dan mengolah data lapangan yang diperoleh selama berlaga di Sirkuit Sentul sejalan dengan visi menciptakan ever-better cars.

Kerjasama solid antara pembalap dan kru TGRI berbuah manis, di mana Demas Agil yang turun menggunakan Yaris GR Sport tampil sebagai juara pertama dalam race kejurnas ITCR Max 1.600 yang berlangsung sangat ketat. Di hari sebelumnya Sabtu (12/3), Demas berhasil meraih superpole dengan catatan waktu 1.51.489 dan mendapatkan tambahan 1 poin, setelah sebelumnya sempat tipis berada di posisi kedua ketika official QTT. Sehingga, setelah menguasai balapan berdurasi 12 lap ini, secara total Demas berhasil mencatatkan 26 poin penuh.

 “Senang sekali rasanya dapat meraih podium pertama di seri pembuka kejurnas ITCR Max 1.600 pada musim 2022 ini. Di tengah waktu yang tidak terlalu banyak dan adaptasi dengan regulasi baru, waktu kami terus improve di setiap sesi dari kualifikasi kemarin hingga race hari ini. Terima kasih untuk seluruh anggota tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia dalam memaksimalkan performa Yaris GR Sport yang saya gunakan. Ke depan, kami akan terus meningkatkan competitiveness untuk meraih gelar juara nasional,” kata pembalap TGRI dengan nomor mobil 36, Demas Agil.

Sementara di kejurnas ITCR 1.200, Jordan yang mengandalkan Agya GR Sport tampil konsisten tanpa masalah apapun sehingga dapat mempertahankan posisinya hingga akhir race. Sama dengan rekan satu timnya, Jordan yang berhasil meraih podium ketiga juga mengaku bangga dapat menjadi bagian dari tim TGRI.

 “Sempat ada muncul beberapa tantangan semenjak kualifikasi dan bahkan di tengah sesi balap, tapi dengan support tim dan juga mobil Agya yang konsisten sepanjang balap saya senang bisa mulai tahun ini dengan podium. Tantangan masih banyak begitu juga jadwal kompetisi, jadi saya mohon supportnya ya,” kata pembalap TGRI dengan nomor mobil 9, Jordan Johan.

 Tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia

Komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) di aktivitas balap nasional telah lahir sejak tahun 1989 silam. Saat itu, Toyota Team Indonesia (TTI) tampil di balap touring yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta. Seiring waktu, tim balap TTI terus berkembang dan meraih banyak gelar juara dari ajang touring dan slalom nasional. Sejalan dengan berdirinya TOYOTA GAZOO Racing, TAM kembali menegaskan komitmennya di kancah balap nasional dengan menurunkan tim baru yaitu TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) menggantikan TTI mulai musim 2022.

Di musim 2022, tim TGRI bertarung di kejurnas touring mengandalkan dua pembalap muda yaitu Demas Agil di kelas ITCR Max 1.600 dan Jordan Johan di kelas ITCR 1.200. Sementara di ajang kejurnas slalom, tim TGRI kembali menurunkan the winning team musim 2021 yaitu Adrianza Yunial yang berlaga di kelas F (modifikasi), kelas A dan kelas Tandem, Anjasara Wahyu yang juga berlaga di kelas yang sama, Herdiko Setyaputra yang berlaga di kelas F (modifikasi) dan kelas A, serta peslalom wanita Alinka Hardianti yang berlaga di kelas Wanita.

Tidak hanya itu, tim TGRI memperluas partisipasinya dengan turun di kejurnas Sprint Rally bersama pembalap rally bertalenta yaitu Ryan Nirwan dan Adi Indiarto, yang mengandalkan GR Yaris untuk berlaga di kelas All-Wheel Drive (AWD).

“Keikutsertaan tim TGRI di berbagai kegiatan balap nasional merupakan bagian dari upaya kami untuk menghadirkan Joy of GR kepada semua orang. Agar excitement dari brand GAZOO Racing tidak hanya dapat dirasakan oleh car enthusiast yang mencintai motorsport atau yang memiliki mobil berlabel GR saja, namun juga dapat dirasakan oleh lebih banyak kalangan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima. (Icho)

Leave a Reply