Indonesia International Motor Show 2022 Siap Curi Perhatian Para Pecinta Otomotif

by -18 Views

Jakarta, 3 Februari 2022″citayambersatu.com” – Acara yang merupakan pesta besar bagi pecinta Industri Otomotif, yakni
Indonesia International Motor Show (IIMS) akan hadir pada 17 – 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dua minggu menjelang perhelatan IIMS Hybrid 2022, Dyandra Promosindo melangsungkan Press Conference IIMS yang bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta (03/02).

Acara hari ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, dan Direktur Utama Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh serta Direksi dan Komisaris Dyandra Promosindo. Turut hadir pula perwakilan dari Sponsor, Agen Pemegang Merek, Infinite Programs dan rekan-rekan media, antara lain dari PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (“Danamon”) sebagai Official Bank Partner, PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (“Adira Finance”) sebagai Official Multifinance Partner, dengan dukungan dari MUFG group.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum IMI menyampaikan “Momentum kebangkitan industri otomotif harus kita manfaatkan seoptimal mungkin untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif sebagai salah satu sektor fundamental bagi pemulihan perekonomian nasional kita yang terdampak, terlebih dua tahun terakhir. Penyelenggaraan IIMS adalah dalam rangka menangkap peluang dan mengoptimalkan kebangkitan tersebut agar benar-benar berdampak positif bagi perekonomian kita. Pemerintah sudah mengeluarkan berbagai aturan, kebijakan dan regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita
termasuk dari dunia otomotif. Kami dari Ikatan Motor Indonesia hadir dengan harapan dapat membantu dan mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor industri otomotif.”

Taufiek Bawazier menyampaikan “Di lihat dari acara pameran, menurut kacamata pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian, pameran ini adalah faktor produktivitas. Jadi dia memberikan satu nilai yang memberikan dorongan buat industri untuk lebih tumbuh. Semakin banyak pameran, semakin banyak probabilitas industri dikenal masyarakat. Karena pameran adalah sarana yang memberikan edukasi ke publik, tentang pencapaian dalam industri otomotif di Indonesia, yang banyak dikenal secara domestik dan internasional. Bahwa Indonesia maju di bidang otomotif.”

“Seperti dulu kalau kita lihat TV dan sepeda pada zamannya mungkin barang mewah, dikenakan satu tax. Oleh karena itu, ada satu pemikiran sebetulnya, namanya mobil rakyat. Mobil rakyat adalah ‘bahwa rakyat itu membutuhkan mobil sebagai bagian dari sarana kehidupan sehari hari dan untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya’. Oleh karena itu pemerintah menyusun satu strategi. Kalau dilihat waktu era covid ini yang paling parah sebetulnya sektor otomotif, sampai turun 50%. Karena itu dengan Pak Menteri, kita berpikir apa instrumen yang cocok buat otomotif. Kemudian kita melakukan satu usulan namanya PPnBM yang pada saat itu dianggap sebagai beban, kita sampaikan secara teknokratik, di otomotif itu ada 3 variabel pajak yaitu pajak PPnBM, pajak kendaraan (pajak daerah), dan PPN. Jadi begitu PPnBM diturunkan secara ekonomi sebetulnya 1% PPnBM turun, volumenya meningkat 3%. Jadi kalo meningkat 3%, otomatis yang namanya pajak daerah, PPN nya juga naik. Jadi itungan kita,
pemerintah menurunkan Rp.1 akan mendapat Rp. 2. Kita exercise karena menghadapi Kementerian Keuangan kita harus memberikan argumentasi teknokratif, kemudian pada bulan Maret itu disetujui. Kita lihat perkembangan penjualan mobil itu naik cukup luar biasa. Tapi ditengah sekitar bulan Juni itu ada covid lagi gelombang ke-2. Itu kalo tidak ada larangan mudik misalnya, itu PMI kita bisa di angka 70. Karna di purchasing manager index sektor otomotif itu memberikan 30-40%. Jadi inilah yang mungkin kita lakukan exercise kemudian sama Kementerian Keuangan, Menko, semua akhirnya diperpanjang terus sampe akhir desember 2021. Dan yang sekarang ini kita selektif untuk PPnBM. Untuk yang kelas 250 juta kebawah juga diberikan PPnBM karena itu mewakili 60% populasi industri otomotif. Jadi disinilah permainan fiskal dalam konteks exercise ini memberikan peran yang cukup kuat terhadap tumbuhnya industri otomotif. Dengan demikian pameran yang diadakan oleh IIMS ini saya kira sangat mendukung proses pertumbuhan industri otomotif.”

“Jadi ketika kita coba tes efektifitas dari PPnBM ternyata di kuartal ke-2 sektor otomotif tumbuh 45%. Tidak pernah terjadi dalam sejarah. Kemudian di kuartal ke-3 tumbuh 27%. Artinya PPnBM ini adalah variabel yang memang harus dikendalikan sebetulnya.”

“Kami dari Kementerian Perindustrian menyampaikan apresiasi kepada pameran IIMS, semoga pameran ini dengan keterbatasan Covid tidak terlalu menjadi halangan dan mudah-mudahan pengambil keputusan bisa melihat nanti teknisnya seperti apa. Mudah-mudahan acara ini lancar. Dari Kementerian Perindustrian akan selalu mendukung untuk jalannya acara ini lebih baik.” tutup Taufiek.

IIMS 2022 kembali hadir dengan tema “Your Infinite Automotive Experience”. Sesuai dengan tema tersebut, acara otomotif tahunan ini akan memberikan pengalaman tak terbatas bagi para pecinta otomotif. “Industri otomotif memiliki cakupan yang sangat luas, IIMS menjadi ajang yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan untuk mendapatkan pengalaman tak terbatas yang lahir dari berbagai inovasi yang dikerahkan oleh kami selaku pihak penyelenggara serta seluruh exhibitors yang terlibat. Apabila keadaan tidak memungkinkan, tentu kami selaku penyelenggara sangat mendahulukan faktor kesehatan dan keselamatan selama pameran berlangsung. IIMS akan melakukan plan B yang di mana dilaksanakan pada tanggal 31 Maret – 10 April 2022.” ungkap Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo dalam sambutan pembukaannya.

“Saya berharap IIMS di bulan Februari bisa berjalan, asalkan memang mendapatkan persetujuan dari pemerintah. Jika tidak mendapatkan persetujuan pemerintah, kami sudah menyiapkan tanggal, kami memiliki dua opsi tanggal, tapi kami berikan yang terbaik. Kami juga menggeser satu pameran agar IIMS tetap berjalan, karena IIMS adalah salah satu pameran yang besar yang diselenggarakan di JIExpo. Kami dari JIExpo akan mendukung terselenggaranya IIMS seperti tahun-tahun sebelumnya” Ucap Ralph Scheunemann, Marketing Director JIExpo.

“Danamon, Adira Finance dan MUFG merasa terhormat dapat menjadi bagian dari Indonesia International Motor Show 2022. Danamon, Adira Finance dan MUFG, sebagai satu grup, memiliki aspirasi yang sama menuju pertumbuhan jangka panjang ekonomi Indonesia dan memberikan kontribusi proaktif untuk pengembangan industri otomotif dengan menyediakan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh ekosistem industri otomotif. Sebagai bagian dari MUFG, Danamon memiliki akses ke keahlian dan jaringan global MUFG untuk melayani nasabah kami dengan lebih baik di seluruh mata rantai pasokan terutama dengan produsen besar Jepang dan multinasional sebagai jangkar,” kata Yasushi Itagaki, Presiden Direktur Danamon.

“Sebagai official multifinance partner di IIMS 2022, merupakan salah satu bentuk dukungan kami untuk turut mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi terutama di sektor industri otomotif dengan memberikan berbagai program dan kemudahan layanan bagi masyarakat agar dapat memperoleh akses finansial. Hal ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk menjadi perusahaan pilihan masyarakat dalam memberikan solusi finansial di setiap jenjang kehidupan mereka,” jelas Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance. Adira Finance akan menghadirkan beragam promo menarik bagi para pengunjung dan komunitas pecinta otomotif, di antaranya DP ringan dan bunga rendah mulai dibawah 2%, total cashback hingga jutaan rupiah, dan biaya provisi mulai 0%.

“MUFG juga sangat senang dapat memberikan dukungan kepada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 bersama dengan mitra strategis kami, Danamon dan Adira Finance. Sebagai salah satu bank asing terkemuka di Indonesia, MUFG telah menjadi salah satu mitra terlama dan terpercaya di sektor otomotif di Indonesia, dengan memanfaatkan jaringan global MUFG. Kami menantikan keterlibatan lebih lanjut melalui acara IIMS,” kata Daisuke Ejima, Executive Officer, Country Head MUFG Indonesia. Konferensi Pers IIMS 2022 juga dihadiri oleh Tokopedia sebagai Official E-commerce and Ticketing Partner, Moladin sebagai Official Trade-In Partner, Bridgestone sebagai Official Tire Partner, dan V-Kool Indonesia sebagai sponsor pendukung.

AVP of Business Tokopedia, David Kartono, mengungkapkan, “Tokopedia berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa memberikan panggung kepada pegiat usaha dan membantu masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Berangkat dari komitmen tersebut, kami berterima kasih telah diberikan kepercayaan untuk mendukung gelaran Indonesia International Motor Show 2022 sebagai Official & Exclusive E-commerce & Ticketing Partner. Melalui gelaran ini, Tokopedia berharap bisa menjadi platform untuk menciptakan peluang bagi pada pegiat usaha khususnya di industri otomotif, serta memajukan perekonomian bangsa.”

Sebagai salah satu pesta besar dalam dunia otomotif, perhelatan IIMS akan dibanjiri dengan ragam program menarik serta program baru yang akan hadir selama sebelas hari pameran. Program-program unggulan IIMS 2022, seperti IIMS Community Experience, IIMS Formula Racing Electric Student Championship, IIMS Test Drive & Ride, Indonesian Automodified (IAM), Indonesian Custom E – Moto Expo & Championship, Indonesia Offroad Federation (IOF), Miss IIMS, PAHAMI Audio Contest, Parade & Talkshow, Pembalap 3 Generasi, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Otomotif Group: Indeks Kebahagiaan Berkendara & Otomotif Travelling, Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O), Riding with Love serta program NaikMotor.com bersama Belajar Helm yaitu Lomba Mewarnai helm yang akan memecahkan rekor Muri dan jangan ketinggalan ceramah Ustad Alfie Afandy dari program Bikers Dakwah. Bahkan IIMS 2022 kian semarak dengan hadirnya berbagai program baru seperti Paviliun IMI dan Road to MotoGP Indonesia. Sedangkan untuk kegiatan CSR, IIMS akan
menghadirkan program IIMS Special Guest Experience.

Rudi MF, Project Manager IIMS 2022 mengatakan “IIMS akan semakin semarak dengan hadirnya berbagai macam kejutan mulai dari rentetan program yang menjadi identitas IIMS serta berbagai inovasi yang dipadupadankan dengan sentuhan digital. Kami akan memperkaya elemen digital pada perhelatan IIMS mengingat pada tahun ini IIMS kembali mengusung konsep Hybrid yaitu diselenggarakan secara online dan offline serentak. Dengan tema Hybrid ini tentunya konten acara semakin beragam, hal ini tentunya untuk mempermudah pengunjung dari regional manapun agar bisa menyaksikan pameran secara virtual.”

Pada IIMS Hybrid 2022, kendaraan roda empat akan dipamerkan di dua hall di JIExpo, yaitu Hall A dan D.
Hall A akan menampilkan merek-merek seperti Chery, DFSK, MG, Mitsubishi, dan Suzuki. Di Hall D akan
ada BMW, Honda, Hyundai, Prestige yang akan menampilkan Tesla dan taksi terbang Ehang, serta Toyota
dan Wuling. Untuk roda dua, ada Hall C1 dan C2 yang akan menampilkan Astra Honda Motor, Benelli
Keeway, Gesits, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Royal Enfield, Utomocorp, Vespa, Volta, dan Yamaha.
“Di IIMS tahun ini kami menginginkan seluruh visitor mendapatkan edukasi yang hadir di booth agar bisa
merasakan perbedaan dari image yang kita hadirkan saat ini. Kami mempunya 5 unit display yang
InsyaAllah akan hadir di IIMS. Pada saat pressday nanti kami akan mengadakan launching, bisa dikatakan
Chery comeback di Indonesia dan juga kami akan memperkenalkan PT Chery Motors Indonesia sebagai
Official name dari company kami. Kami juga akan menjelaskan teman-teman media bahwa kami hadir di
indonesia dengan investasi strategi, image, produk beserta teknologi yang berbeda.” Ujar Rifkie
Setiawan, General Manager Marketing PT Chery Motors Indonesia.

“Mitsubishi akan menempati booth di Hall A sekitar 795 meter persegi. Mitsubishi Motors akan menyediakan 3 unit untuk test drive, yaitu Pajero Sport, New Xpander dan New Xpander Cross. Untuk mematuhi protokol kesehatan, kami akan menerapkan berbagai macam rules sebelum customer masuk ke dalam booth kami, overall booth ini dapat menampung sampai 150 pengunjung dalam satu kesempatan.” jelas Aditya Wardhani, Head of PR and CSR Departement PT. Mitsubishi Motors Krama
Yudha Sales Indonesia.

“Kesempatan baik kami dapat join kembali di IIMS. Dua tahun ini bisa dikatakan Dyandra merupakan salah satu pionir Hybrid Activity. Khususnya untuk IIMS tahun ini rencananya kami akan memiliki dua model yang secara publik mungkin pertama kali akan ditunjukkan di IIMS. Kami berharap acara ini akan sukses besar dan aman. Sehingga sesuai dengan apa yang bisa kita harapkan yaitu dapat berkontribusi terhadap industri otomotif.” ungkap Dimas Aska, Head of Media Relation PT. Toyota Astra Motors. “Semoga ajang IIMS 2022 ini akan lebih sukses lagi daripada tahun lalu. Tapi saya lihat tadi brand dari APM roda 4 dan 2 harusnya akan lebih spektakuler dan heboh. Dan dari Benelli sendiri kita sangat konsisten kalau kita akan launching product baru lagi di IIMS 2022 ini.” ujar Steven Kentjana Putra, CEO Benelli Anugerah Motor Pusaka.

“Terima kasih kepada tim penyelenggara IIMS yang luar biasa, dan telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa untuk berkontribusi pada perhelatan IIMS Hybrid 2022. Gesits tahun ini akan hadir dengan tema ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai.” Sari Suryanti, CEO PT Bali Gesits Pratama.

Dalam penerapan protokol CHSE dengan maksimal, Dyandra Promosindo menyediakan fasilitas untuk Swab PCR / Antigen di JIExpo Kemayoran. Pengunjung yang hadir di masing-masing booth maupun Hall JIExpo Kemayoran akan dibatasi melalui sistem real count yang ada di pintu masuk hall dan tersedia di setiap booth exhibitor. Tidak hanya itu, seluruh exhibitors diwajibkan memiliki Satgas COVID-19 di setiap booth. Gangway atau jalur untuk pengunjung juga diberlakukan dua arah. Untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan, tentu akan diberlakukan penyemprotan desinfektan secara berkala oleh
pihak organizer. IIMS juga menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan, salah satunya bekerja sama dengan fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat. Untuk meminimalisir dan memitigasi penyebaran Covid-19, pihak penyelenggara akan memberikan aturan dan sanksi yang tegas. “Seperti tahun lalu, kami akan mengikutsertakan ratusan volunteer dari berbagai kampus serta membentuk Joint Task Force Satgas Covid-19 untuk memastikan penerapan protokol kesehatan selama IIMS dijalankan sesuai aturan.” jelas Rudi.

Meski dengan protokol kesehatan yang ketat, pengunjung tetap dapat menikmati pameran secara maksimal serta menikmati program dan promosi menarik dari sponsor dan brand yang berpartisipasi baik secara langsung maupun virtual dengan mengakses situs resmi IIMS di www.indonesianmotorshow.com.

IIMS menyediakan layanan bagi pengunjung untuk dapat membeli tiket dengan mudah melalui Tokopedia dan Dyandratiket.com. Harga tiket IIMS 2022 masih sama dengan tahun lalu, yakni Rp. 50.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp. 70.000 per orang untuk akhir pekan. IIMS dibuka untuk pengunjung mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB pada hari biasa, dan pukul 10.00-21.00 WIB pada akhir pekan. Bagi pecinta otomotif yang sudah tidak sabar untuk mengunjungi IIMS 2022, bisa membeli Premium Ticket khusus 17 Februari 2022 dengan harga Rp. 150.000 dari pukul 17.00 hingga 21.00 WIB.

Pengunjung dapat mendatangi IIMS 2022 dengan memanfaatkan Shuttle Service yang telah disediakan di beberapa titik, yaitu Bintaro Xchange, Tamini Square Pondok Indah Mall, Metropolitan Mall Bekasi, Cibubur Junction dan Margo City. (Icho)

Leave a Reply