DD Tekno dan Masjed.id Hadirkan Program Sumur Bor Air Back To Masjed Untuk Keumatan dan Kerakyatan

by -80 Views

Bogor, Jawa Barat”citayambersatu.com” – Kebutuhan air bersih meningkat seiring dengan perubahan perilaku masyarakat selama pandemi Covid-19 . Akan tetapi, kebutuhan yang meningkat selama pandemi belum beriringan dengan pemerataan akses air bersih terutama di tempat peribadatan maupun pesantren.

Melihat pentingnya keterlibatan berbagai organisasi untuk menyediakan layanan air dan sanitasi bagi masyarakat terutama di pedesaan, Dompet Dhuafa melalui start-up digital fundraising sosial bisnisnya yaitu PT Duta Danadyaksa Teknologi (DDTekno) di aplikasi masjed.id pada Jumat (07/01/2022) menyalurkan serah terima infak sebesar Rp 61.340.000,- untuk pengadaan Fasilitas Air Bersih berupa Sumur Bor untuk Masjid Baitul Ihsan dan Pondok Pesantren Tahfidz Entrepreneur Madinatur Rahmah, Kecamatan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Sebelumnya DDTekno telah memberikan donasi sebesar 100Juta untuk pembangunan Masjid Baitul Ihsan tersebut.

Bantuan tersebut merupakan hasil donasi yang terkumpul dari para Muzaki melalui feature platform penggalangan dana pada Masjed.id sebagai aplikasi ekosistem Masjed terbesar di Indonesia serta Keterlibatan Dompet Dhuafa bersama mitra-mitranya, menjadi satu stimulan bagi dukungan lainnya agar dapat melibatkan diri dalam pengembangan dan pembangunan masjid. Oleh karena itu, DDTekno berharap melalui aplikasi ekosistem Masjed.id terbesar di Indonesia menjadikan salah satu cara dalam memakmurkan masjid dan membangun peradaban umat melalui masjid di dengan technologi kekinian di zamannya.

“Air bersih didaerah sini memang susah, bahkan saat penggalian sumur harus mencapai titik 81 meter lebih untuk menemukan debit air yang bersih, kami sangat bersyukur atas semua yg telah DDTekno dan Masjed.id berikan kepada Masjid Baitul Ihsan” Ucap Agus Yudhianto selaku Ketua DKM Masjid Baitul Ihsan.

Bapak Rahmat selaku pendiri Masjid Baitul Ihsan mengungkapkan “Awal niat saya mendirikan masjid ini niatnya hanya masjid sederhana, tapi Allah memberikan lebih lewat DDTekno dan Masjed.id, kami diberikan bantuan sebesar 100Juta untuk pembangunan masjid kami, maka sekrang yang niatnya hanya membangun masjid sederhana menjadi masjid terbesar di Desa Tenjo. Lalu hal penting lainnya untuk masjid ialah air untuk berwudhu, kami selalu berdoa semoga kami bisa memiliki air bersih untuk masjid ini, Allah menjawab doa kami melalui DDTekno dan Masjed.id lagi doa kami dijawab. Kami diberikan bantuan untuk mendapatkan air bersih dengan pengadaan sumur bor yg diberikan oleh DDtekno melalui himpunan ZISWAF di aplikasi Masjed.id”

Air Untuk Kehidupan merupakan sebuah program gagasan Dompet Dhuafa yang bertujuan membantu masyarakat yang sedang mengalami paceklik air dengan prinsip gotong royong. Bentuk Program Air Untuk Kehidupan meliputi pembuatan sumur bor, pipanisasi, dan penampungan air, distribusi air bersih, dan tempat penampungan air hujan. Pengadaan sumur bor ini dimaksudkan agar para jamaah dan santri/wati Pondok Pesantren Tahfidz Entrepreneur Madinatur Rahmah nantinya dapat beribadah (wudhu) dengan air bersih, disadari bahwa air menjadi sumber utama kehidupan maka air juga dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari.

“Kami senang sekali menyalurkan amanah dari para muzzaki, semoga masjid tenjo ini dapat bermanfaat bagi semua jamaah dan masyarakat sekitar juga para santri/wati nantinya, kami berharap syiar dalam kolaboraksi memakmurkan masjid masuk kedalam seluruh umat. DDTekno mempunyai program inovasi Digital society 5.0 diaplikasi masjed.id dengan tujuan membuat seluruh umat tahu siapa DKM Masjid, Dhuafa, Jamaah dan Pelaku UMKM. Untuk pelaku UMKM kami permudah kegiatannya dengan inovasi kami aplikasi Usaha Serambi yang bisa dipergunakan oleh para UMKM”

Tentunya bagi DDTekno dan Masjes.id melalui program Kolaboraksi bangkit bersama dalam pengembangan masjid menjadi sebuah gerakan memakmurkan masjid dan memakmurkan masyarakat disekitarnya sebagai perwujudan perabadan bagi umat menjadikan Masjid sebagai episentrum aktivitas kolaborAksi bangkit bersama yang dalam sejarahnya dalam membangun perubahan dan peradaban umat. Dengan pemberian bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan beribadah dengan nyaman, selain itu warga sekitarnya bisa memanfaatkan dan mudah di akses informasi fasilitas masjid dan mengadakan berbagai kegiatan positif keagamaan dan perekonomian keumatan secara masif dan adil sejahtera. Icho

Leave a Reply

Your email address will not be published.