Citayam Maksimalkan Posyandu Sukseskan Pemberian Vitamin A

by -307 views

Citayambersatu.com – Pandemi Covid-19 telah menyita perhatian masyarakat di seluruh dunia, bahkan Indonesia. Secara langsung wabah Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya. Meskipun di tengah pandemi, para orang tua tentunya menginginkan anaknya tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik.

Seluruh Posyandu di Desa Citayam, setiap bulan Februari adakan kegiatan rutin berupa pemberian Vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita (BPB). Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) akan turut ambil bagian dalam kegiatan ini, dilaksanakan di lima 5 (lima) tempat yaitu Posyandu BINA WARGA I sampai BINA WARGA V tepatnya dari RW 01 – 05, berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan  dengan melaui Protokol Kesehatan (PROKES)

Pada Bulan februari ini kegiatan bulan penimbangan balita diintegrasikan dengan pemberian kapsul Vitamin A dosis tinggi kepada balita usia 6-59 bulan, dengan ketentuan bayi usia 6-11 bulan mendapat 1 (satu) kapsul Vitamin A dosis tinggi berwarna biru dengan dosis 100.000 IU dan balita usia 12-59 bulan mendapatkan 1 (satu) kapsul Vitamin A dosis tinggi berwarna merah dengan dosis 200.000 IU.

This slideshow requires JavaScript.

“Kami akan maksimalkan peran Posyandu yang ada menyukseskan pemberian vitamin A untuk anak usia enam bulan hingga lima tahun,” ujar Bidan Bunga

Menurut Bunga, pemberian vitamin A melalui Posyandu akan mempermudah untuk mengajak ibu yang mempunyai balita mengonsumsi vitamin A.

“Pemberian vitamin A di Posyandu sekaligus dapat mempermudah pencatatan data balita lebih sistematis serta alur pelaporan menjadi searah. Kami harapkan masyarakat untuk memanfaatkan bulan vitamin A ini,” jelasnya.

This slideshow requires JavaScript.

Bidan Bunga  memaparkan, pemberian vitamin A dimaksudkan guna memberikan asupan lebih untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan balita. Tentu, pemberian dosis vitamin A setiap anak akan berbeda.

Untuk usia enam hingga sebelas bulan, maka diberikan vitamin A dengan dosis 100 ribu IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200 ribu IU yang ditandai dengan warna merah.

Lebih lanjut Bidan Bunga menambahkan, mengajak masyarakat untuk menyukseskan Februari sebagai bulan penimbangan balita.”Program tersebut dapat mengetahui keadaan gizi bayi dan balita yang ada di Citayam. Lewat Posyandu akan dilakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan bayi dan balita,” tuturnya.

“Dengan pengukuran tinggi badan dan berat badan bayi dan balita dapat mengetahui tingkat kesehatan dan tumbuh kembang mereka. Selain itu, juga dapat mencegah segala gangguan pertumbuhan anak,”tutup Bidan Bunga (Icho & Deny)

Leave a Reply