Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) Nobatkan Blibli Sebagai E-commerce dengan Data Governance dan Data Security Terbaik

by -81 Views

Jakarta, 2 Desember 2021″citayambersatu.com” Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) dalam rangkaian acara WebSummit DataGovAI 2021 memberikan penghargaan kepada Blibli atas kemampuan perusahaan dalam mengimplementasi Information Security Management System (ISMS) untuk mengelola data sensitif secara sistematis. Dalam kegiatan yang dibuka pada 25 November 2021, Blibli dinobatkan sebagai “Best Ecommerce Company with Data Governance/Security”.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ABDI atas penghargaan yang telah diberikan. Ini menjadi pencapaian yang istimewa bagi segenap tim kami yang telah menjadikan Blibli sebagai e-commerce terbaik dalam menjalankan data governance and security,” pungkas Kusumo Martanto, CEO & Co Founder Blibli.

Kusumo menambahkan bahwa, “Apresiasi ini juga menjadi motivasi lebih bagi kami dalam memperkuat komitmen perusahaan untuk memastikan pengamanan data secara berkelanjutan. Semoga penghargaan ini juga dapat menginspirasi semua pihak di e-commerce untuk menciptakan ekosistem perlindungan data yang makin tangguh dan aman demi kenyamanan konsumen dalam berbelanja online.”

Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) mencatat bahwa per Oktober 2021, terdapat lebih dari 1 miliar serangan siber yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun ini. Memahami keadaan tersebut Blibli pun konsisten dalam menerapkan data governance yang mendukung implementasi ISMS dan telah teruji oleh BSSN. Blibli merupakan e-commerce dengan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN dalam memenuhi kriteria terkait tata kelola, pengelolaan risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan aspek teknologi keamanan informasi. Blibli pun menjadi e-commerce pertama yang mendapat sertifikasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dari BSSN atas kemampuannya dalam menunjukkan kematangan proses pengamanan informasi.

Selain itu, Blibli juga menjadi e-commerce pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang diterbitkan oleh British Standard Institution. Sertifikasi tersebut menunjukkan kemampuan Blibli dalam menerapkan berbagai strategi keamanan data, termasuk dalam hal kematangan arsitektur teknologi dan perlindungan API.

“Ke depan, Blibli akan terus meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam menjalankan perlindungan data demi membentuk industri yang memberikan rasa aman bagi pelanggan, dan ini menjadi bagian dari komitmen besar perusahaan dalam mengedepankan kepuasan pelanggan,” tutup Kusumo. (Icho)

Leave a Reply

Your email address will not be published.